Senin, 25 Mei 2009

Diposting oleh alom_doank

Di saat udara dingin dan badan kurang sehat karena serangan flu, secangkir wedang kopi bisa menjadi minuman penghangat. Membuat wedang kopi gaya tradisional tidaklah sulit. Bisa diracik dengan aneka rempah lainnya. Wedang kopi juga cocok buat sajian arisan atau acara kumpul keluarga di awal musim hujan ini. Coba simak dulu info lengkapnya berikut ini.

Jenis Kopi: Wedang kopi adalah kopi tubruk atau air kopi yang diseduh langsung di cangkir atai poci dan tidak memakai coffee maker. Jenis biji kopi yang dipakai tergantung selera, bisa Arabica, Robusta, kopi Jawa, Kalimantan, Sumatra atau dari daerah lain. Pastikan kopi bubuk baru digiling dan masih beraroma tajam saat akan diseduh.

Rempah: Untuk menambah manfaat dari air kopi, bisa ditambahkan kayu manis, serai, cengkih, jahe, lada putih, lada hitam, kapulaga, pekak dan lain-lain. Secara tradisional, rempah direbus bersama air hingga mendidih beberapa saat. Air kemudian disaring dan dipakai untuk menyeduh kopi. Bisa juga air, kopi dan rempah direbus bersama-sama. Tambahan rempah inilah yang memberi aroma dan rasa yang berbeda dan membuat tubuh lebih hangat. Yang terkenal adalah kopi jahe, air direbus dengan jahe dan serai lalu diseduh bersama kopi bubuk.

Gula: Gula bukan hanya memberi efek manis tetapi juga aksen rasa dan aroma yang berbeda. Bisa dipakai gula pasir, gula palem, gula batu atau gula aren. Sebaiknya potong kecil-kecil agar gula mudah larut. Pemilihan dan pemakaian jenis gula tergantung selera.

Air: Sebaiknya gunakan air bersih yang bagus mutunya, tidak beraroma lumpur, tanah atau kaporit. Didihkan air dalam ceret hingga mendidih beberapa saat. Matikan api dan diamkan beberapa saat sebelum dipakai untuk menyeduh.

Tambahan: Sebagai tambahan rasa, air kopi bisa ditambahkan creamer, susu cair, susu kental manis, krim segar atau santan encer. Tentu saja air kopi rasanya menjadi lebih gurih. Sebaiknya jangan terlalu banyak memberi tambahan rasa gurih ini agar aroma dan rasa kopi tetap tajam atau kuat.

Para ilmuwan menghitung jumlah kandungan anti-oksidan (zat anti unsur radikal bebas) pada lebih dari 100 jenis makanan termasuk sayur-sayuran, buah-buahan, kacang, aneka bumbu, minyak dan minuman. Hasil penemuan tersebut kemudian dikombinasi dengan data yang ada di Departemen Pertanian AS dan sumbangan dari setiap jenis bagi pola makan rata-rata di Amerika.
Kopi terbukti merupakan sumber anti-oksidan terbesar dari setiap kali dan tingkat konsumsi yang kemudian diikuti teh hitam, pisang, kacang-kacangan kering, dan jagung.
“Orang Amerika memperoleh sumber anti-oksidan dari konsumsi kopi dibandingkan dari jenis makanan atau minuman lainnya dan sejauh ini tak ada jenis makanan atau minuman yang menyamai kopi,” kata kepala tim peneliti Professor Joe Vison dari Scranton University di Pensylvania.
Baik kopi berkafein atau bebas kafein keduanya memberikan sumbangan anti-oksidan sama tingkatnya.
Badan pengamat pasar Mintel mencatat perilaku minum kopi di Inggris yang menyebutkan tingkat konsumsi kopi lebih rendah dibanding di Amerika Serikat, tercatat hanya 47 persen orang Inggris yang secara teratur meminum kopi instan atau kopi bubuk.

Khasiat Jahe
Sejak dulu Jahe dipergunakan sebagai obat, atau bumbu dapur dan aneka keperluan lainnya. Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan dan pencernaan.
Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak terutama berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak asiri yang dikeluarkan rimpang jahe.
Minyak jahe berisi gingerol yang berbau harum khas jahe, berkhasiat mencegah dan mengobati mual dan muntah, misalnya karena mabuk kendaraan atau pada wanita yang hamil muda. Juga rasanya yang tajam merangsang nafsu makan, memperkuat otot usus, membantu mengeluarkan gas usus serta membantu fungsi jantung. Dalam pengobatan tradisional Asia, jahe dipakai untuk mengobati selesma, batuk, diare dan penyakit radang sendi tulang seperti artritis. Jahe juga dipakai untuk meningkatkan pembersihan tubuh melalui keringat.
Penelitian modern telah membuktikan secara ilmiah berbagai manfaat jahe, antara lain :
• Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
• Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak..
• Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol .

0 komentar:

Posting Komentar