Selasa, 23 Juni 2009

Diposting oleh alom_doank

Selain dengan diet sehat, minum banyak air, suplemen, stres manajemen, dan krim perlindungan matahari, tetap aktif berolahraga merupakan bagian penting dan tidak dapat terpisahkan dari kesehatan jasmani dan rohani. Ada beberapa hal tentang berolahraga yang mungkin harus Anda pertimbangkan berkaitan dengan tanda-tanda penuaan dini.

Dapatkah Olahraga Melawan Tanda Penuaan?
Gaya hidup sehat secara langsung dapat melawan tanda-tanda penuaan dini. Berolahraga meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan kulit, membantu suplai oksigen ke sel-sel kulit dan cara yang bagus untuk memerangi stres. Semua ini merupakan faktor untuk mempertahankan penampilan muda.

Namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada faktor-faktor dalam berolahraga yang justru dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini jika berkaitan dengan jumlah besar berat badan yang bertambah atau berkurang sebagai akibat dari perubahan gaya hidup dan pola latihan yang berlebihan. Sehingga menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya, sehingga kerutan bisa terjadi. Dalam hal ini perubahan program latihan secara bertahap sangat dianjurkan.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Program Latihan Anda
Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa program latihan Anda mempengaruhi kulit Anda. Jika berolahraga di luar ruangan, misalnya, sadarkah bahwa Anda mengekspos kulit Anda untuk tidak hanya terkena polusi tapi juga kerusakan akibat sinar matahari. Bahkan pada hari berawan, diperkirakan delapan puluh persen dari UVB dan UVA sampai menembus kulit kita. Untuk membantu melawan efek negatif dari risiko ini, para ahli menyarankan untuk menggunakan SPF 15 atau lebih besar yang melindungi terhadap kedua tipe sinar matahari ini. Gunakan setidaknya 30 menit sebelum berolahraga dan kenakan topi untuk membatasi jumlah sinar matahari langsung menuju area wajah.

Jika Anda perenang atau menghabiskan banyak waktu dalam program latihan Anda di dalam air, tahukah Anda bahwa bahan kimia dalam air dapat merusak keseimbangan kulit. Sangat penting untuk membilas kulit (mandi) dan menggunakan pelembab setelahnya.

Cara terbaik untuk menghindari iritasi atau kerusakan pada kulit selama latihan adalah pastikan bahwa Anda mencuci bersih kulit Anda sebelum berolahraga. Agar pori-pori tidak tersumbat dan keringkat yang dikeluarkan tubuh tidak terhambat. Tentu saja, banyak minum air sebelum, selama, dan setelah latihan untuk mencegah dehidrasi dan keriput!

0 komentar:

Posting Komentar