Senin, 24 Agustus 2009

Diposting oleh alom_doank

Keluhan umum di kalangan orang tua adalah sulitnya anak mereka untuk tidur siang. Padahal tidur siang dibutuhkan untuk menjaga agar mereka tetap sehat dan aktif. Jika anak Anda sulit atau tidak tidur siang dalam keseharian, coba langkah-langkah berikut.


1. Perhatikan anak Anda selama satu atau dua minggu. Perhatikan tanda-tanda kelelahan untuk menentukan waktu optimal untuk anak Anda tidur. Kebanyakan balita yang berusia 18 bulan sampai 3 tahun, akan tertidur di sore hari.

2. Rencanakan beberapa kegiatan yang menenangkan setiap hari sebelum tidur. Jika anak Anda tidur di siang hari, Anda bisa memberikannya makan siang yang ringan, memainkan musik yang menenangkan dan membaca buku dongeng sebelum tidur.

3. Buat jadwal harian dengan gambar dan warna-warna cerah untuk anak Anda. Sertakan waktu tidur dan kegiatan sebelum tidur pada jadwal. Ini memberikan struktur dan prediktabilitas.

4.Gunakan tirai untuk memblokir cahaya di kamar anak Anda atau gunakan lampu tidur.

5. Balita menginginkan tempat yang sama untuk tidur di tempat ia tidur pada malam hari. Jika Anda tidak berada di rumah, berikan selimut tidur dan mungkin boneka dari rumah agar si kecil merasa nyaman dan tidak asing.

6.Biarkan anak Anda untuk memiliki waktu tenang (untuk beristirahat), jika dia tetap menolak untuk tidur siang. Anda dapat menciptakan waktu tenang ini dengan meredupkan lampu, memainkan musik tenang dan memberikan buku mewarnai. Waktu tenang akan menjadi pengganti waktu tidur siang balita Anda yang hilang.

0 komentar:

Posting Komentar