Sabtu, 17 April 2010

Diposting oleh alom_doank

Jangan pernah berhenti untuk berolahraga meski usia tua menghampiri Anda. Dengan berolahraga, Anda dapat menghindari berbagai penyakit seperti, penyakit jantung, kanker, pikun, stroke, hingga diabetes.

Pastinya, dengan berolahraga, peredaran darah dan sistem pencernaan kita pun ikut lancar. Nah, ini dia beberapa resep ampuh sebagai kunci bugar hingga usia tua, seperti dilansir Prevention, baru-baru ini.

Pertama, latihan kardio. Kardio adalah salah satu olahraga yang cocok untuk segala usia. Fungsinya untuk tetap menjaga keremajaan tubuh kita. Latihan kardio yang dapat Anda lakukan seperti berjalan cepat, bersepeda, joging, atau berenang selama 30 menit selama lima kali seminggu.

Kedua, latihan dengan variasi kecepatan. Selalu menggerakkan tubuh bisa mempelancar aliran darah dan oksigen yang menuju otak. Jika aliran darah dan oksigen terganggu, maka daerah hipokampus akan mendapatkan akibatnya, yakni, mempengaruhi daya ingat, ujar Eric B.Larson, MD , peneliti seputar otak pada Group Health Cooperative, Seattle.

Ketiga, latihan beban. Latihan beban sangat membantu pembentukkan tulang kita dan merupakan cara terbaik untuk menyeimbangkan keseluruhan sistem tubuh. Jadi jangan pernah takut untuk berotot. Tulang yang kuat akan membuat postur tubuh kita tetap tegap hingga tua. Cobalah lakukan latihan beban dengan sepasang dumbell selama kurang lebih 20 menit. Untuk pemula cukup dengan dumbbell berukuran 1-2 kg. Sedangkan 2-4 kg untuk kelas menengah dan 4-9 kg bagi yang butuh tantangan lebih.

Keempat, yoga. Jika Anda mengalami masalah dengan kerutan, carilah olahraga yang mampu meregangkan tubuh dan dapat menghilangkan stres. Yoga bisa menjadi pilihan Anda untuk masalah seperti ini. Melakukan yoga tiga jam per minggu mampu menurunkan kadar kecemasan hingga 30%. Yoga juga dapat melindungi kita dari serangan radikal bebas yang akan mengganggu elastisitas kulit. Kini tiba saatnya untuk mendatangi pusat yoga terdekat dan mulailah ikut kelas yoga berdurasi 30 menit, 4 kali seminggu.

0 komentar:

Posting Komentar