Rabu, 14 April 2010

Diposting oleh alom_doank

Buat pencinta masakan Manado jangan lupa mampir ke restoran yang satu ini. Ada ikan tude segar yang dipadukan dengan sambal roa yang pedasnya mengigit. Belum lagi tumis kangkung bunga pepaya dan perkedel jagung yang selalu bikin kangen dan pengen nambah lagi dan lagi!

Daerah Kelapa Gading memang pantas dijuluki surga makanan untuk kawasan Jakarta Utara. Hampir semua jenis restaurant khas Indonesia hadir di sana. Rasanya kurang afdol kalau sebuah rumah makan khas daerah yang ingin melebarkan sayapnya di Jakarta tidak membuka cabangnya di sini.

Kebetulan salah satu makanan favorit saya adalah masakan Manado. Sejak diajak oleh teman saya mencoba Bumbu Den, sampai sekarang saya mudah tergoda untuk datang kembali kesana. Rumah makan ini berupa dua ruko ber-AC yang sederhana saja tanpa interior khusus. Namun jangan terkecoh dengan tampilan luarnya sebelum Anda mencoba sendiri masakannya.

Menu favorit saya di sana adalah ikan tude ukuran sedang yang dibakar dengan bumbu minimalis namun kesegaran ikannya membuat rasanya istimewa. Dipadukan dengan sambal roa yang kadar kepedasan cukup mengigit plus sambal dabu-dabu berwarna cantik.

Sambal dabu-dabu tersebut adalah sambal khas orang Manado yang terdiri atas potongan tomat hijau dan merah segar dipadu dengan irisan bawang merah dan perasan air lemon cui. Wah rasanya dahsyat dan pokoknya dijamin tidak cukup jika memesan hanya satu porsi!

Kalau tidak terlalu suka ikan, ada cumi, udang, atau ayam goreng rica yang juga merupakan andalan resto ini. Potongan dada/paha yang cukup besar digoreng hingga garing di bagian luar namun tetap lembut di dalam. Bumbu ricanya meresap sempurna hingga ke tulang benar-benar sedap

Alternatif lainnya adalah kuah asam yang segar dengan irisan tomat dan daun bawang yang royal. Sedangkan sayuran pilihan saya selalu tumis kangkung bunga pepaya yang selalu disajikan fresh, tidak terlalu over cooked dan tasty. Tidak ada jejak pahit berlebihan untuk bunga pepayanya.

The best part of all yang wajib dipesan adalah perkedel jagung ala Bumbu Den. Dari ukurannya saja sudah unggul karena lebih besar dari perkedel jagung pada umumnya. Perkedel tersebut kira-kira berdiameter 15 cm dengan pipilan jagung manis. Balutan tepung yang tidak terlalu tebal menjadikan perkedel ini memiliki kerenyahan ekstra. Jangan heran kalau jadi ingin terus dan terus lagi mengunyah sampai habis!

Biasanya saking kekenyangan saya belum berkesempatan mencoba klapertaart dan gohu (asinan pepaya) yang juga tersedia di sini. Jadi kalau Anda sedang menjelajah Kelapa Gading tidak ada salahnya mencicipi masakan Manado yang mungkin bisa membuat Anda ketagihan ini.

0 komentar:

Posting Komentar