Selasa, 13 April 2010

Diposting oleh alom_doank

Rujak Juhi

Rujak yang satu ini tidak hanya enak disantap selagi santai, tapi juga bisa dijadikan menu makan siang yang mengenyangkan loh! Isinya komplet, mulai dari potongan sayuran, mi, seafood, dan kentang. Siraman sausnya yang berwarna kecokelatan bikin rasnaya enak. Cobain yuk!

Mungkin beberapa orang mengira rujak juhi ini hanya disantap sebagai selingan saja. Atau bahkan belum pernah mencoba rujak Cina peranakan ini? Rujak juhi ini cukup populer di Jakarta pada masanya. Meskipun kini nama rujak juhi tidak sepopuler dulu, tapi penggemar rujak juhi tetap saja ada dan mencarinya hingga ke pelosok Jakarta.

Rujak juhi ini terbilang unik. Kalau biasanya rujak itu identik dengan sayuran atau buah-buahan, rujak juhi justru menggunakan seafood khususnya sotong sebagai bahan utamanya. Tambahan lainnya berupa potongan mentimun, lettuse, irisan kol halus, mi yang sudah di rebus, dan juga kentang.

Bahan-bahan yang sudah ditata dalam piring kemudian disiram dengan saus berwarna kecokelatan cenderung pekat. Rasanya mirip dengan bumbu gado-gado, pedas gurih dan sedikit asam karena menggunakan cuka. Kinyil-kinyil rasa sotong bikin sensasi rasa yang berbeda dari rujak ini. Potongan kentang dan mi nya cukup mengenyangkan untuk siang ini.

0 komentar:

Posting Komentar