Minggu, 11 April 2010

Diposting oleh alom_doank

Penelitian baru ilmuwan Inggris menyebutkan menu sarapan serba goreng seperti bacon, sosis, telur, dan kacang ternyata menyehatkan tubuh saat beraktivitas seharian. Demikian laporan Journal Internasional Obesitas dikutip situs the Telegraph (1/4).

Dalam laporan Dr Martin Young, peneliti dari Universitas Alabama di Birmingham, mengatakan makanan pertama yang anda konsumsi akan menjalankan program metabolisme tubuh hingga seharian. Oleh sebab itu jika menu sarapan anda kaya karbohidrat maka hanya sumber energi karbohidrat saja yang akan dimanfaatkan, Namun jika makan pagi anda juga kaya akan lemak, maka tubuh anda dapat memanfaatkan energi dari karbohidrat dan lemak.

Hal ini berdasarkan hasil uji coba pada tikus di laboratorium membuktikan menu sarapan berlemak tinggi setelah bangun tidur ternyata menyehatkan. Namun ketika hanya diberi sarapan kaya karbohidrat dan makan malam berlemak, ternyata kesehatan tikus menurun.

Selain itu, tim peneliti juga menemukan kemungkinan kebenaran pepatah kuno menyebutkan "santaplah sarapan seperti raja, makan siang layaknya seorang pangeran tetapi makan malam seperti orang miskin". Tim peneliti mempercayai pepatah kuno itu bisa menjadi kunci membuat tubuh dan pikiran sehat.

0 komentar:

Posting Komentar