Minggu, 11 April 2010

Diposting oleh alom_doank

Pernahkan tiba-tiba mata Anda mendadak terasa gatal, menegang, atau mengantuk? Jika ya, berarti mata Anda sedang berbicara bahwa ia sedang kelelahan. Terlebih lagi, bagi pekerja kantoran yang diharuskan berinteraksi langsung dengan komputer dalam jangka waktu lama.

Layaknya bahu dan leher, mata juga mudah lelah. Maka dari itu disarankan bagi Anda yang banyak berinteraksi langsung dengan komputer untuk melakukan peregangan. "Melakukan latihan untuk mata, sama seperti melakukan peregangan pinggul setelah duduk di kursi sepanjang hari," jelas Karin Wiedemann dari Urban Yoga di Washingston DC, Amerika Serikat.

Berikut ini, beberapa gerakan untuk mengatasi mata tegang. yakni dengan melakukan pemanasan untuk mata dan olahraga mata. Caranya mudah. Anda bisa melakukannya sambil duduk di kursi kerja.

Dengan posisi duduk santai, Anda tinggal menggosokkan kedua telapak tangan kita untuk menciptakan suhu panas pada permukaan telapak tangan. Kemudian, telapak tangan tadi digunakan untuk menutup kedua mata dan membentuk mangkuk.

Langkah itu membantu menghalangi cahaya masuk ke mata dan membiarkan indra penglihatan menyerap panas dari telapak tangan. Posisi tersebut bisa dilakukan sekitar 10 kali pernapasan dan bisa diulang kembali.

Cara lainnya adalah olahraga mata, yakni dengan menggerak-gerakan bola mata kita. Seperti biasa, Anda bisa melakukan gerakan tersebut dengan duduk di kursi.

Ambil posisi duduk rileks, kemudian gerakkan bola mata Anda. Selama melakukan gerakan tersebut, kepala hendaknya tidak ikut bergerak. Melihat ke arah langi-langit, ke sisi kanan, ke bawah, ke sisi kiri, hingga balik lagi melihat langit-langit kembali.

Olahraga semacam itu bisa dilakukan sebanyak lima kali. Untuk putaran berikutnya, gerakan mata bisa dilakukan ke arah sebaliknya.

0 komentar:

Posting Komentar